Total Hi-Perf 10W-50 dan Nano Energizer menempuh Jakarta – Temanggung (Jateng) Part 1.

Setelah sekian lama istirahat dari dunia per-bloger-an kembali ada kesempatan untuk menulis. Akhirnya Botol terakhir dari keempat buah pelumas Total Hi-Perf 10W-50 telah digunakan dalam misi solo riding jakarta barat sampai dengan daerah Temanggung dan melintasi ganasnya pantura dengan jarak tempuh total sekitar 450 kilometer. Tulisan ini juga melengkapi review beberapa pelumas yang pernah dipakai untuk CB150R StreetFire.

link 1 : http://www.victoriousbikers.com/2014/11/review-oli-10w-40-part-1-untuk-cb150r.html

link 2 : http://www.victoriousbikers.com/2014/11/review-oli-10w-40-part-2-untuk-cb150r.html

link 3 : http://www.victoriousbikers.com/2014/11/review-oli-10w-40-part-3-habis-untuk-cb150r.html

Perjalanan dari jakarta di mulai pukul 3 dini hari dari grogol (jakarta barat) menuju ke lippo cikarang untuk mengambil titipan di tempat sodara. Total jarak yang akan di tempuh dari cikarang sampai kampung halaman adalah sekitar 433Km. Dicikarang dilakukan penggantian oli Total Hi-Perf dari botol sebelumnya yaitu ke 3 yang telah menempuh 2000an Km di CB Streetfire serta mengakhiri masa baktinya, dan botol baru, botol ke 4 oli Total pergantian oli dilakuan ditambah dengan Obat kuat yaitu Nano Enegizer.

Nano Energizer + Total Hi-Perf 10W-50

Nano Energizer adalah aditif oli yang bisa menutup keausan mesin dan diklaim membuat mesin lebih halus serta menekan konsumsi bensin, Menurut info dari beberapa testimoni nano energizer dapat memulihkan mesin dan menjadikan mesin lebih prima lagi. FYI Air Filter yang digunakan telah di ganti dengan Ferrox Air Filter yang dapat dibaca di link :

http://www.victoriousbikers.com/2015/06/trick-reviewbeli-ferrox-air-filter-murah-cara-pasang-dan-impresinya-untuk-honda-cb150r-streetfire.html

Ok jadi di lakukan perhitungan awal km dari Lippo Cikarang, tanki bensin di isi Shell Super dan V-power sampai penuh mendekati bibir tutup tanki, diperkirakan isi tanki adalah 12 liter dengan Oli baru + Nano Energizer. Sebelum berangkat kira-kira setengah 7, Motor dipanasi sampai 2 bar indikator suhu dan dilanjutkan mulai jalan santai. 20 Km pertama terkena traffic sedang sampai daerah karawang, dan Ciri khas oli  ketika mesin masih hangat yang agak alot pindah gigi tidak ditemui, mungkin karena tidak seperti dijakarta ketika keluar gang bertemu macet seperti biasanya. Tetapi masa awal ini mesin sepertinya masih agak berat untuk diajak berlari, jadi sampai dengan dawuhan daerah cikampek masih agak santai tidak betot-betot gas. sempat ketemu macet agak parah sebentar di dekat pintu masuk tol karawang timur tapi semuanya berjalan normal. Arus kendaraan dari cikampek pun agak padat tapi tidak ada kemacetan berarti.

Keluar perbatasan kabupaten karawang setelah Cikampek, mulai ada teman untuk tarik gas, vixion dengan knalpot freeflow  dan Yamaha R15 ,CBSF sempat menyentuh kecepatan 118km On speedo dengan velg lebar dan ban gambot serta gear depan 14 Mata. Rata2 kecepatan diatas 80 Km/Jam dan mesin sangat enak diajak berlari dengan model ganti RPM di sekitaran 10-11ribu. Sering juga lupa menaikkan ke gigi 6 geber terus gigi 5 kecepatan sampai 108 km di rpm 10,5rb, benar-benar sangat menyiksa mesin. Sampai akhirnya terkena macet panjang 2-3 Km di patrol indramayu karena perbaikan jembatan. Performa oli dan mesin sangat di expose dengan dipaksa benar-benar kondisi highspeed extreme, perpindahan gigi lancar. Ketika terjebak macet dan harus masuk bahu jalan yang penuh lumpur sedikit merepotkan karena licin, kotoran lumpur nempel di dinding knalpot dan mesin mengakibatkan feel mesin menjadi sedikit kurang enak. Selepas macet mesin kembali diajak berlari high RPM sampai tiba di daerah jatibarang untuk ber istirahat. hal yang saya ingat feel mesin sedikit tidak enak tetapi masih oke diajak untuk high RPM.

Ferrox Air FIlter Packaging

Selepas istirahat, mesin diajak lari lagi kali ini haya berkisar 80-100 menyusuri jatibarang-karang ampel dilanjutkan tarik gas lagi high RPM lewat jalur timur dekat pantai mengarah ke cirebon pelabuhan. sampai di cirebon motor rasanya tidak enak, bukan karena mesinnya tetapi rantai yang berisik. Rantai kering dan sangat panas rantai aus dan satu sisi sangat kencang  sisi lainnya kendor. Segera merapat mencari minimarket mencari minum, lho kok minum? hehehehe. Membeli minum dan chain lube serta numpang untuk ke toilet. Disini istirahatkan mesin dan memberi chain lube ke Rantai motor. Note, dari Karang Ampel sampai cirebon cara mengendara mulai lagi high speed dan RPM, seperti maniak pokoknya gas pol, sampai dengan cirebon sisa tangki bensin baru saja turun ke 3 bar atau setengah tangki.

(bersambung) To Be Continued —————>(Total Hi-Perf 10W-50 dan Nano Energizer menempuh Jakarta – Temanggung (Jateng) Part 2.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *